20 Agustus 2009

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Part 3)


Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, khusus membahas tentang komputer dan internet sebagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang penting. Mengapa demikian? Perkembangan komputer dan internet yang telah sedemikian pesat, menjadikannya bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Komputer dan internet telah merasuk hampir di seluruh sendi kehidupan manusia, mulai dari bekerja, belajar, bermain, belanja, tegur sapa dengan sesama, hingga mencari hiburan. Semakin hari, semakin banyak peralatan yang bisa terhubung dengan komputer dan internet. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri. Tidak hanya sebagai penonton atau pengguna setia, namun sebisa mungkin menjadi bagian dari pengembang dengan menciptakan inovasi-inovasi baru.
1. Komputer
Komputer dapat digunakan untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah ditentukan. Pada mulanya, pengolahan informasi dengan komputer hampir selalu berhubungan dengan masalah matematika. Dalam perkembangannya, komputer modern dapat dipakai untuk melakukan banyak pekerjaan yang tidak berhubungan dengan matematika, misalnya mengetik, membuat gambar, memanipulasi foto, mengedit video, memutar musik dan film, melihat dan menyimpan siaran televisi, dan sebagainya. Bahkan jika disambungkan dengan peralatan komunikasi, komputer dapat melakukan berbagai komunikasi interaktif melalui internet. Karena kemampuannya yang unik ini, komputer menempati peran yang penting dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Menurut Dean Olyfia (http://olyfia.wordpress.com), komputer bisa didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi di bawah kontrol program yang tersimpan dalam memori. Komputer dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam program. Program adalah kumpulan dari beberapa instruksi atau perintah terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya.
Ada berbagai macam komputer. Menurut Ishakul Fatoni (2006), komputer dapat digolongkan berdasarkan data yang diolah, penggunaan, serta berdasarkan kapasitas dan ukurannya. Dengan demikian, kamu akan mengenal ada komputer analog, komputer digital, superkomputer, mainframe, komputer pribadi, laptop, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca pada file pdf yang disertakan pada link di akhir artikel ini.

2. Internet
Menurut Graifhan Ramadani (dhani.singcat.com), internet bermula dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer tidak lain adalah beberapa komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi data baik berupa kabel atau sarana lain di lokasi tertentu, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Dengan adanya jaringan ini, seorang pengguna komputer bisa bertukar data dan informasi dengan pengguna komputer lainnya.
Dari jaringan komputer lokal ini, berkembanglah jaringan komputer global (berskala internasional) yang disebut internet. Mula-mula internet dikembangkan untuk kepentingan militer di Amerika Serikat pada tahun 1969. Selanjutnya, kalangan pendidikan tinggi (universitas) juga banyak yang turut bergabung untuk mempelajari, mengembangkan, dan menggunakan teknologi internet. Sejak saat itu, internet terus berkembang menjadi sarana bertukar data, informasi, komunikasi, dan bisnis. Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintahan, militer, dan berbagai organisasi yang ada di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Saat ini setiap orang dapat terhubung ke internet dengan menggunakan komputer yang dilengkapi modem dan jaringan telepon. Bahkan dengan menggunakan telepon genggam yang mendukung koneksi GPRS atau 3G, kamu dapat mengakses internet. Di kelas IX, kamu akan mempelajari internet lebih mendalam.
Download materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar