18 Agustus 2009

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi


Tentu kamu sering mendengar istilah teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan dikatakan bahwa abad ke-21 ini merupakan abad teknologi informasi dan komunikasi. Di abad ini, komputer menempati peran yang penting sehingga pemerintah mencanangkan pengajaran komputer sejak dini bagi anak usia sekolah. Tahukah kamu, apakah teknologi informasi dan komunikasi itu? Apa hubungan antara teknologi informasi dan komunikasi dengan komputer?
Istilah teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari kata teknologi, informasi, dan komunikasi. Menurut Ali Akbar (2006) teknologi dapat diartikan sebagai hasil budaya (kreasi dan inovasi) manusia yang dapat mempermudah proses kehidupannya. Contoh teknologi adalah sepeda. Dengan sepeda, kamu dapat berpindah tempat lebih cepat daripada berjalan kaki. Bersepeda juga mengurangi kelelahan dalam transportasi dibandingkan dengan berjalan kaki. Mobil juga sebuah teknologi yang lebih maju dalam transportasi. Dengan mobil, perpindahan tempat menjadi lebih cepat, aman, dan dapat membawa lebih banyak barang. Demikianlah, teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia. Betul, kan?
Kata berikutnya adalah informasi. Informasi dapat diartikan sebagai hasil pengolahan data yang dapat memberikan manfaat kepada manusia. Kalau kamu perhatikan, informasi sangat berkaitan dengan data. Memang data dan informasi merupakan dua hal yang saling berkaitan erat dan tidak mungkin terpisahkan. Secara ringkas data dapat diartikan sebagai kumpulan fakta mentah yang ada dalam kehidupan. Data mencerminkan segala kejadian yang ada di dunia. Ciri lainnya dari data adalah data belum memiliki manfaat untuk manusia. Data dapat berupa simbol-simbol, gambar, kata-kata, angka, huruf, ide, objek, dan sebagainya. Perhatikan contoh data berikut ini.


Data di atas tidak memberikan manfaat bagi yang membaca karena hanya berupa deretan huruf atau angka yang tidak diketahui kaitannya dengan data lain. Nah, ketika data nama buah dikaitkan dengan data harga dan data jumlah barang, barulah menjadi informasi yang bermanfaat. Perhatikan contoh dalam tabel di bawah ini. Informasi apa yang bisa kamu dapat?


Saat ini, informasi telah menjadi komoditas yang penting. Untuk mengetahui informasi secara cepat dan akurat, banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Misalnya dengan membeli televisi yang harganya jutaan rupiah, berlangganan koran, membeli telepon genggam, mengakses internet, dan seterusnya.
Kata ketiga, yaitu komunikasi. Komunikasi merupakan cara untuk berhubungan atau bertukar informasi dengan orang lain. Dalam Wikipedia (http://id.wikipedia.org) komunikasi didefinisikan sebagai suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Contohnya kamu berkomunikasi dengan teman-temanmu melalui kata-kata atau dengan bahasa tubuh (tersenyum, melambaikan tangan, mengangkat bahu, dan sebagainya).
Istilah selanjutnya adalah teknologi informasi dan komunikasi. Menurut asal katanya, tek-nologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua bagian, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi secara ringkas berarti teknologi yang memung-kinkan untuk menghadirkan, memanipulasi, dan mengelola informasi. Sedangkan teknologi komunikasi secara ringkas dapat diartikan sebagai teknologi yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan sesamanya. Teknologi ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya.
Lalu, apa yang dimaksud teknologi informasi dan komunikasi? Teknologi informasi dan komunikasi dapat didefinisikan sebagai semua teknologi yang berhubungan dengan proses pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Mas Wigrantoro R.S. - maswig.blogspot.com). Istilah teknologi informasi dan komunikasi muncul setelah berpadunya teknologi komputer dan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi, yaitu pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang sangat pesat, jauh melampaui bidang-bidang teknologi lainnya. Bahkan sampai awal abad ke-21 ini, dipercaya bahwa bidang ini akan terus berkembang. Pada tingkat global, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan manusia. Teknologi informasi dan komunikasi juga diterapkan dalam bidang-bidang teknologi lain, sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia? Per-kembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini sangat pesat dan berpengaruh terhadap aktivitas, kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup, maupun cara berpikir setiap orang dalam masyarakat. Pemahaman dan pengalaman menggunakan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman. Perkembangan teknologi ini telah mengubah pola ekonomi, pola hidup, dan juga cara menjalankan usaha/bisnis secara nyata.
Diperkirakan pada masa yang akan datang akan terbentuk masyarakat informasi di mana jasa informasi akan menjadi komoditas utama dan interaksi antarmanusia akan berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan hasil KTT Masyarakat Informasi yang diselenggarakan pada bulan Desember 2003, telah dicanangkan rencana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sampai 50% untuk setiap negara pada tahun 2015 (Syopian - syopian.net).
Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi penyangga kehidupan umat manusia di zaman modern. Disadari atau tidak, kehidupan ini telah menjadi semakin praktis. Bahkan teknologi ini ibarat jantung yang mensuplai energi bagi jalannya beberapa industri seperti perbankan, telekomunikasi, dan industri. Melihat fenomena tersebut, tidak mengherankan jika banyak negara menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai industri unggulan dalam rencana pembangunan mereka. Banyak negara-negara yang bangkit di awal abad ke-21 seperti India dan Cina memiliki industri teknologi informasi dan komunikasi yang maju. Negara-negara tersebut sadar, bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi mereka. Teknologi informasi dan komunikasi adalah industri masa depan, sehingga penguasaan teknologi ini merupakan langkah strategis untuk menjadi negara yang berpengaruh di masa depan. Saat ini, posisi Indonesia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi memang masih tertinggal dari negara-negara Uni Eropa, Jepang, Amerika, Cina, dan India. Nah, kiprahmu ditunggu untuk mengejar ketertinggalan ini!
Download materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar