21 Agustus 2009

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kita hidup di era modern, di mana teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung dalam beberapa tahap. Mula-mula teknologi yang ada sangat sederhana, kemudian terus berkembang hingga mencapai seperti apa yang kamu dapati saat ini.

1. Perkembangan Teknologi Komunikasi


Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka pada saat itu dapat dikatakan bahwa bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi. Setelah ucapan selesai, maka informasi yang telah berada di tangan si penerima dapat terlupakan karena daya ingatnya terbatas. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan dapat terdegradasi bahkan hilang sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, orang-orang zaman dahulu memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di alam untuk melakukan komunikasi, misalnya dengan membunyikan kentongan, isyarat asap, dan sebagainya.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar, jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa ke mana-mana untuk disampaikan pada orang lain. Informasi dalam bentuk gambar juga bisa bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang, sehingga kita dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dari angka arab memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Teknologi alfabet mendorong ditemukannya teknologi percetakan masal yang memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat dalam skala yang lebih luas. Ketika teknologi elektronik seperti radio, televisi, dan komputer ditemukan, informasi menjadi lebih cepat tersebar dengan jangkauan yang lebih luas dan informasi itu dapat disimpan lebih lama.
Dari uraian di atas, perkembangan teknologi komunikasi dapat dibagi menjadi empat tahap, seperti dikemukakan Everett M. Rogers dalam bukunya Communication Technologi: The New Media in Society (dalam situs inherent.brawijaya.ac.id) yaitu sebagai berikut.
a. Era komunikasi tulisan
b. Era komunikasi cetakan
c. Era telekomunikasi
d. Era komunikasi interaktif
Penjelasan masing-masing era dapat kamu pelajari dalam file lampiran pdf yang bisa diunduh pada link di bawah.

2. Perkembangan Teknologi Informasi
Sejak zaman dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Seiring dengan kebutuhan untuk mengolah data yang lebih besar dan lebih cepat, manusia menciptakan berbagai alat bantu pengolah data. Mula-mula dikembangkan alat bantu yang bekerja secara mekanis dengan kemampuan sederhana. Keterbatasan alat bantu mekanis mendorong penemuan dan penciptaan berbagai alat bantu elektronis, hingga ditemukan komputer yang sangat efisien dalam mengolah data.
Menurut Ivan Sudirman dan Romi Satria Wahono (www.ilmukomputer.com), perkem-bangan teknologi informasi dari zaman purba hingga saat ini dapat digolongkan menjadi empat periode, yaitu sebagai berikut.
a. Era alat hitung manual
b. Era alat hitung mekanik
c. Era komputasi elektronis awal
d. Era komputasi modern
Penjelasan masing-masing era dapat kamu pelajari dalam file lampiran pdf yang bisa diunduh pada link di bawah ini.
Download materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar