19 Agustus 2009

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Part 1)


Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berjalan dengan cepat. Saat ini, hampir tidak ada seorang pun yang tidak bersinggungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Apa saja peralatan teknologi informasi dan komunikasi? Ada banyak sekali. Sebagian di antaranya telah kamu gunakan sehari-hari. Untuk mempermudah memahaminya, kita pelajari satu persatu, peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi, meskipun keduanya saling berkaitan dengan erat.
Yang pertama adalah peralatan teknologi komunikasi. Untuk mengetahui peralatan teknologi komunikasi, coba kamu ingat definisi komunikasi di atas. Secara singkat, komunikasi adalah saling bertukar informasi atau berita, termasuk lambang-lambang yang mengandung arti/makna dari seseorang kepada orang/pihak lain. Nah, teknologi komunikasi adalah peralatan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dapatkah kamu menyebutkan contoh peralatan teknologi komunikasi? Telepon, koran, majalah, radio, televisi, dan internet merupakan beberapa contoh peralatan teknologi ini.
Secara singkat, peralatan teknologi komunikasi dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu komunikasi suara, komunikasi berita dan gambar, dan komunikasi data. Komunikasi suara merupakan bentuk komunikasi mempergunakan suara dan indera pendengaran dari tempat yang terpisah dengan jarak tertentu. Contoh peralatan komunikasi suara adalah radio dan telepon, termasuk telepon genggam (handphone) yang mungkin kamu miliki. Komunikasi berita dan gambar merupakan komunikasi yang mengirimkan informasi dalam bentuk tulisan dan gambar. Gambar yang dikirim dapat berupa gambar diam maupun gambar bergerak/video. Contoh peralatan komunikasi jenis ini adalah telegraf, telex, faksimile, dan televisi termasuk TV kabel. Komunikasi data merupakan komunikasi yang mengirimkan data yang dapat berbentuk teks, gambar, suara, dan video. Komunikasi jenis ini merupakan komunikasi yang paling berkembang pada saat ini. Contohnya adalah komputer dan internet. Komputer dapat mengirim dan menerima informasi dalam bentuk data-data tersebut. Sebagai media penyampaian informasi, dapat menggunakan jaringan telepon umum maupun jaringan khusus, termasuk satelit komunikasi.
Yang kedua adalah peralatan teknologi komunikasi. Untuk mengetahui peralatan teknologi informasi, kamu juga harus ingat dengan definisi informasi. Jika informasi adalah hasil pengolahan data yang bermanfaat bagi manusia, maka teknologi informasi adalah peralatan untuk meningkatkan kemampuan mengolah data menjadi informasi, termasuk di dalamnya mendapatkan, memproses, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data untuk menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu. Nah, setelah mengetahui artinya, tentu kamu dapat memberi contoh peralatan teknologi informasi dengan benar. Sempoa, kalkulator, dan komputer adalah contoh-contoh peralatan teknologi informasi.
Download materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar